Memanggang yang Benar Itu Lebih Sehat Dibandingkan Merebus dan Menggoreng


Lukas 24: 42-43. Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan panggang (terjemahan NIV = broiled). Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.
Yohanes 21:9-10. Ketika mereka tiba di darat, mereka melihat api arang dan di atasnya ikan dan roti. Kata Yesus kepada mereka: "Bawalah beberapa ikan, yang baru kamu tangkap itu."

Dalam ayat-ayat di atas menceritakan kejadian di mana Yesus makan ikan bakar/panggang bersama murid-muridNya. Adakah pelajaran kesehatan yang bisa kita lihat dari kejadian-kejadian ini? Tentu saja ada. Alkitab ketika dipelajari dengan sains, akan memberikan kejutan-kejutan tak terduga bagi kita. 

Memanggang / membakar makanan adalah metode memasak yang paling kuno. Tapi apakah yang sains modern katakan tentang memanggang? Benarkah memanggang itu sehat atau tidak sehat?


Bagian yang Gosong dari Daging Panggang

Pada dasarnya, rasa berasap dan bagian gosong yang Anda dapatkan dari daging yang dipanggang tidak terlalu baik untuk Anda. Ketika lemak dari daging yang dipanggang menetes di atas bara panas, asap yang terbentuk darinya berisi hal-hal yang disebut sebagai Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAH). Dan bagian hangus di luar daging (atau di dalam, jika Anda suka yang “well-done”) adalah penuh dengan sesuatu yang disebut Heterocyclic Amines (HCA).

Dalam penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute pada tahun 1999, kedua unsur ini dihubungkan dengan tingginya tingkat kanker kolorektal (kanker usur besar atau rektum). Pada tahun 2009, penelitian lain menemukan bahwa orang yang lebih suka steaknya dimasak "well done" 60 persen berkemungkinan menderita kanker pankreas dibandingkan mereka yang suka setengah matang (atau tidak makan steak sama sekali), dan kedua senyawa ini (PAH & HCA) telah ditemukan menyebabkan tumor pada tikus (dan mungkin menyebabkan lebih banyak tumor pada manusia, karena tikus memproses bahan kimia secara berbeda).

Aduh, dari penjelasan di atas kok kayaknya mengerikan ya? Ditambah dengan ayat-ayat di atas malah terkesan Tuhan Yesus mengajarkan pola makan yang tidak sehat ya? 

Yah mau bagaimana lagi. Ilmu pengetahuan tentang dampak negatifnya juga harus saya sampaikan. 

Tapi dari penelitian-penelitian yang ada, belum bisa dipastikan berapa jumlah PAH & HCA bisa menyebabkan kanker dan seperti kebanyakan hal, Anda bisa mengatur sedemikian rupa supaya panggangan tidak membahayakan kesehatan Anda. Misal: Anda potong bagian-bagian yang gosong atau memanggangnya tidak sampai terlalu gosong. Anda juga bisa memanggang dengan menggunakan microwave. 


Teknik Kuno Lebih Lezat dan Lebih Sehat

Merendam dalam racikan bumbu sebelum dipanggang.

Kabar baiknya, ada teknik kuno yang saya pikir juga dilakukan oleh Yesus dan bangsa Israel jaman dulu yang patut kita contoh, yaitu membumbui dulu daging yang akan dipanggang karena teknik ini bisa mencegah secara signifikan kadar terbentuknya PAH & HCA. 

Dan tentu saja, teknik ini jauh lebih nikmat dibandingkan memanggang setengah matang atau memotong bagian yang gosong.

Apa saja bahan-bahan bumbu yang bagus untuk diaplikasikan sebelum memanggang? 

Bahan-bahan tersebut adalah: bawang putih, bawang merah, apel, bumbu teriyaki, kunyit, ekstrak biji anggur, cengkeh, kayu manis, oregano, lada hitam, paprika, jahe, lemon, madu, cherry, rosemary, minyak zaitun, beer, red wine, cuka, dan masih banyak lagi lainnya. 

Membumbui (marinate) dengan beer atau red wine, didiamkan selama 4-6 jam sebelum dipanggang bisa mengurangi kadar PAH & HCA secara drastis (sampai 90%). Makin gelap warna beernya, makin berkurang pula kadar PAH & HCA.

Menggunakan bahan bumbu lainnya seperti campuran minyak zaitun, cuka, lemon, rempah-rempah, dan didiamkan selama 1 jam sebelum dipanggang, juga bisa mengurangi terbentuknya PAH & HCA sebanyak 57-88%.

Pada tahun 1999, para peneliti di University of Hawaii menemukan bahwa membumbui (marinate) daging dengan bumbu India bawang putih-kunyit atau dengan teriyaki marinade Hawaii (peneliti utama adalah keturunan India, dan penelitian dilakukan di Hawaii), didiamkan hanya satu jam sebelum memasak, secara signifikan mengurangi terbentuknya PAH & HCA. 

Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 menemukan bahwa menambahkan rosemary pada daging Anda sebelum dipanggang bisa mengurangi resiko terbentuknya HCA lebih dari 90%. 

Luar biasa bukan? Peneliti menghubungkannya dengan kadar antioksidan pada rosemary. Begitu juga penelitian-penelitian lainnya telah menemukan bahwa bawang putih, bawang merah, cherry, dan madu juga sanggup mencegah terbentuknya zat penyebab kanker ini. 


4 Manfaat Kesehatan dari Memanggang

Ada manfaat kesehatan untuk memasak makanan Anda di atas panggangan dibandingkan di atas kompor atau oven, yaitu sebagai berikut:

1. Lemak Hewani Berkurang Banyak Ketika Dipanggang

Ketika memanggang makanan, lemak yang ada pada daging tersebut banyak yang menetes keluar. Seperti yang Anda ketahui, bagian yang tidak sehat dari daging adalah lemaknya (tapi juga yang paling enak). Beda lagi dengan teknik memasak lainnya seperti merebus dan menggoreng atau masak lewat oven, lemak hewani malah tidak berkurang dan menyatu dengan masakan. 

2. Sayuran yang Dipanggang Juga Lebih Sehat Dibandingkan Rebus


Membungkus sayuran dengan kertas timah atau hanya menempatkan di atas daging panggangan Anda, adalah cara memasak yang lebih sehat daripada merebus atau menggorengnya. 

Memang benar beberapa enzim dan vitamin bisa hilang oleh karena panas, tapi sains membuktikan bahwa metode memasak sayur yang paling banyak mempertahankan nutrisi adalah memanggang, bukan merebus ataupun menggorengnya. Disamping itu, PAH & HCA tidak terbentuk ketika kita memanggang sayuran

Sayuran panggang.

3. Daging juga Mempertahankan Nutrisinya

Ketika Anda memanggang sepotong daging di atas api, ia akan mempertahankan lebih banyak riboflavin dan tiamin. Kedua nutrisi ini memainkan peran penting dalam diet sehat, serta memiliki banyak manfaat kesehatan yang berhubungan dengan masing-masing dari mereka.


4. Memanggang Memeriahkan Suasana

Memanggang makanan sangat efektif untuk memeriahkan kebersamaan Anda dengan teman dan keluarga. Jadi acara seperti ini akan menyehatkan dan menyegarkan perut Anda juga jiwa Anda. 

Siapa sih yang tidak suka dengan pesta barbeque atau acara bakar jagung? Dimana ada kegiatan seperti ini, kebersamaan makin hangat dan erat. 

Inilah aktivitas yang dilakukan oleh Yesus sebelum terangkat ke Sorga. Benar-benar suatu aktivitas yang berkesan sekali. 

Sekarang saya jadi penasaran, kira-kira apa saja yang dipakai oleh Tuhan Yesus untuk membumbui ikan bakarnya ya? Dan seberapa lezat masakannya… aduh sungguh tak terbayangkan. Andaikan saya tahu resepnya, dengan penuh percaya diri saya akan membuka restoran “Ikan Bakar ala Yesus”. Wow, pasti luar biasa!


Referensi:

Lebih baru Lebih lama

Dapatkan koleksi resep menu sehat, ajaib, dan enak-enak seperti sate, bakso, nasi goreng, donat, es campur, cap cay, mie goreng, dll yang akan menunjang proses penyembuhan Anda DI SINI!