Serupa dengan Kristus Itu Artinya Hidup Sehat Jasmani Juga


Roma 14:17. Sebab Kerajaan Allah bukanlah tentang makan dan minum, tetapi tentang kebenaran, damai sejahtera, dan sukacita dalam Roh Kudus.
Melihat ayat tadi, sekilas kita mungkin menilai bahwa menjaga pola makan yang sehat itu TIDAK perlu. Karena toh, Kerajaan Allah bukanlah tentang makan dan minum, betul?

Pandangan di atas tidak sepenuhnya benar. Kalau kita baca keseluruhan Roma 14, terlihat bahwa Paulus membahas tentang doktrin makanan yang najis dan tidak najis. Jadi bukan tentang makanan yang sehat dan tidak sehat. Ketika Anda makan atau minum sesuatu dengan iman dan mengucap syukur atasnya, apa yang Anda konsumsi tersebut tidaklah najis/haram. Itu artinya Paulus membahas di Roma 14 dari aspek rohaninya, bukan jasmani yaitu efek makanan tersebut terhadap kesehatan.

Dan jangan lupa dengan bagian terakhir dari ayat 17 ini, yaitu “tentang kebenaran, damai sejahtera, dan sukacita dalam Roh Kudus.” 

TENTANG KEBENARAN: Apakah dibenarkan jika Anda makan sembarangan, sering konsumsi junk food sehingga merusak kesehatan tubuh Anda? Apakah tindakan ini bisa disebut dengan menghormati dan menjaga tubuh yang adalah Bait Suci Tuhan? Dari pertanyaan ini Anda sudah tahu bahwa TIDAK BENAR jika Anda menyepelekan kesehatan jasmani dan makan sembarangan.

DAMAI SEJAHTERA, DAN SUKACITA DALAM ROH KUDUS: Pola makan dan pola hidup yang tidak sehat, biasanya muncul dari sifat kedagingan, yaitu rakus, tidak bisa mengendalikan diri (lack of self control), dipenuhi hawa nafsu, kemalasan, dan sebagainya. Sifat-sifat kedagingan seperti ini menghalangi kita untuk merasakan damai sejahtera dan sukacita dalam Roh. Selain itu juga menghalangi kita untuk disempurnakan seperti Kristus. Bukankah kita sebagai orang Kristen diwajibkan untuk makin serupa dengan Kristus Yesus? Pola makan yang tidak sehat akan membuat kita jadi sakit sehingga otomatis kehilangan damai dan sukacita. Belum lagi pelayanan kita juga terhalang oleh karena sakit penyakit.

Mempersembahkan Tubuh Yang Sehat Untuk Tuhan


3 Yohanes 1:2. Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.
1 Korintus 6:19-20. Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait roh kudus yang didalam kamu, roh kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Ayat ini sudah jadi alasan kuat kenapa kita harus menjaga kesehatan tubuh, yaitu:
1. Tubuh ini sudah bukan milik kita sendiri lagi, tapi milik Kristus karena sudah lunas dibayar oleh pengorbanan Kristus di kayu salib.
2. Karena sudah ganti kepemilikian, tubuh ini juga telah diubah menjadi sesuatu yang lebih mulia yaitu Bait Roh Kudus dimana fungsinya adalah untuk menjadi alat dan memuliakan Tuhan.
3. Ini sudah PERINTAH Tuhan bahwa kita harus memuliakan Tuhan dengan tubuh kita.

Roma 12:1. Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Paulus mengatakan bahwa ibadah yang sejati adalah kalau kita mempersembahkan tubuh kita. Jadi bukan hanya jiwa dan roh saja. 

Jika kita benar-benar mengasihi Tuhan dengan sepenuh hati, pikiran, jiwa, dan kekuatan kita (Lukas 10:27), kita pasti akan mempersembahkan kepada-Nya sesuatu yang terbaik, termasuk tubuh kita sehingga kita akan menjaga agar tubuh kita tetap fit untuk pekerjaan-Nya. Ini adalah tanda hormat dan kasih kita kepada-Nya serta bukti profesionalisme kita dalam menjaga bait suciNya.

Jadi jangan seenaknya lagi kita memiliki pola makan, minum, dan gaya hidup yang merusak kekudusan tubuh atau bait suci Tuhan. Coba tanya ke diri sendiri, kebiasaan apa dalam hidup Anda yang sekiranya bisa merusak tubuh?

Salah satu buah roh adalah pengendalian diri (self-control) (Galatia 5:22). Jadi, biarkan roh yang mengendalikan kita, bukan keinginan daging yang mengendalikan kita.

Seberapa banyak Anda diperbudak atau dikendalikan oleh keinginan tubuh Anda (bukan kebutuhan)?

"Segala sesuatu diperbolehkan. Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna." (1 Korintus 10:23)
"Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun." (1 Korintus 6:12)
"Kesudahan mereka ialah kebinasaan, Tuhan mereka ialah perut mereka, kemuliaan mereka ialah aib mereka, pikiran mereka semata-mata tertuju kepada perkara duniawi." (Filipi 3:19)

Apakah Anda seorang pekerja Gereja atau Hamba Tuhan? Ingat: kesehatan yang buruk akan menghambat pelayanan Anda untuk Tuhan dan bisa menjadi batu sandungan buat yang lain.

Mohon maaf dengan sangat jika tulisan saya ini terlalu keras dan menyakitkan perasaan Hamba Tuhan. Bukannya bermaksud lancang, saya hanya menulis apa yang Alkitab sudah katakan dan tujuan saya hanya untuk menyelamatkan nyawa banyak orang.

Tulisan saya ini juga bukan berarti bahwa saya sudah suci atau telah sempurna mengamalkan ilmu kesehatan yang Alkitabiah. Sekali-kali bukan. Justru karena saya sendiri berdosa maka saya jadi tahu dengan jelas apa efeknya terhadap kesehatan.

Sehat Seperti Kristus

Seperti apakah sehat seperti Kristus itu? Apakah dalam Alkitab dijelaskan tentang apa yang dilakukan oleh Yesus supaya sehat secara jasmani? Apa ada olahraga dan kebiasaan pola makan dari Yesus yang bisa kita contoh?

Di sini saya akan mengajak Anda untuk melihat beberapa PETUNJUK dalam Alkitab supaya “sebisa mungkin” sehat seperti Kristus. 

Kejadian 1:27. Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Dari ayat di atas apakah menurut Anda Tuhan merancang/mendesain tubuh manusia itu supaya badannya kegemukan, lemah, mudah sakit-sakitan, cacat, dan pendek umurnya? Tentu saja tidak. Tuhan dari AWAL merancang yang sempurna untuk tubuh manusia. Tapi oleh karena dosalah yang membuat tubuh manusia jadi lemah, kegemukan/terlalu kurus, mudah diserang penyakit, cacat, dan berumur pendek.

Kejadian 2:17. tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Dalam situs ini saya membuka beberapa rahasia Alkitab untuk membantu Anda bisa sehat jasmani seperti Kristus. Ada beberapa pola makan dan gaya hidup orang-orang di jaman Alkitab yang patut kita contoh. Dengan mengikuti contoh-contoh di Alkitab, maka kita juga bisa sehat jasmani seperti Kristus.

Tapi tentu saja disertai sains dan beberapa contoh kesaksian supaya Anda makin tercerahkan dan dengan penuh keyakinan mengikuti petunjuk-petunjuk yang tertulis di Alkitab. Dan ketika Anda mengikuti kebenaran-kebenaran yang ada di Alkitab, tentu saja Anda bisa terbebas dari perbudakan dosa (penyebab penyakit) serta penyakit itu sendiri.

Yohanes 8: 32. dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Lebih baru Lebih lama

Dapatkan koleksi resep menu sehat, ajaib, dan enak-enak seperti sate, bakso, nasi goreng, donat, es campur, cap cay, mie goreng, dll yang akan menunjang proses penyembuhan Anda DI SINI!