Apa Saja Pola Makan Yang Dianjurkan Selama Sakit?


Kalau lagi sakit, Anda WAJIB jaga pola makan. Apa saja pantangan dan anjuran makannya, itu tergantung apa saja masalah kesehatan Anda. 

Contoh: jika Anda menderita obesitas (kegemukan), Anda harus menghindari karbohidrat sederhana seperti gula pasir dan juga susu. Tapi buat yang terlalu kurus harus banyak makan karbohidrat.

Rasul Paulus sendiri walaupun bisa mengadakan mujizat penyembuhan, tapi memberikan saran kesehatan kepada Timotius muridnya...

1 Timotius 5:23 (TB)  Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah. 

Jadi selama sakit dan sedang menjalankan pengobatan, Anda harus jaga pola makan Anda sesuai masalah kesehatan yang ada.

Tapi secara umum ada juga pola makan yang baik untuk hampir semua masalah kesehatan, dan Anda tetap bisa konsumsi karbohidrat, lemak, gula serta garam.

Oleh karena kita adalah orang Indonesia, maka saya akan menyarankan makanan yang sesuai dengan gen kita orang Indonesia.


Karbohidrat

Karbohidrat yang baik adalah yang organik, seperti misalnya beras putih organik. Walaupun Anda menderita diabetes maupun kanker, konsumsi beras putih organik akan aman buat Anda, yang penting Anda tidak rakus alias kebanyakan makan.

Kenapa bisa makan karbohidrat dan pilih organik? Anda bisa mempelajarinya di 2 tulisan saya:

Untuk penderita kanker dan tumor, lebih ideal lagi jika memakai beras coklat, beras merah atau beras hitam organik karena antioksidannya lebih bagus untuk melawan dua penyakit ini.


Protein

Protein yang aman adalah dari kacang-kacangan, tempe, telur dan daging ayam kampung/organik, serta ikan air tawar.

Jika Anda suka susu, lebih baik cari susu kambing karena sapi jaman sekarang susunya sudah tercemar oleh antibiotik dan hormon sintetis buat si sapi. 

Di Alkitab banyak sekali ayat yang merekomendasikan susu sapi sebagai makanan sehat, tapi sayang sekali ulah manusia telah membuatnya jadi kurang sehat dan tidak cocok bagi penderita diabetes dan kanker.

Untuk susu kedelai, pastikan dari kedelai yang organik karena kedelai jaman sekarang banyak yang hibrida atau rekayasa genetik.


Sayur dan Buah

Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang berwarna gelap karena mereka kaya akan antioksidan tinggi. Untuk sayur kalau bisa dimakan mentah atau lalapan. Kalau tidak bisa makan mentah, Anda bisa mengukus, merebus, memanggang atau menumisnya.

Lebih baik jika Anda mendapatkan sayur atau buah organik. Tapi jika tidak bisa mendapatkan yang organik, Anda bisa mengurangi kadar pestisida di dalamnya dengan cara merendamnya ke tanah liat atau air garam kasar selama 20 menit.

Untuk penderita diabetes dan kanker, buah yang aman adalah buah yang setengah matang.


Lemak

Lemak yang aman dan sehat selama proses penyembuhan adalah minyak kelapa, zaitun, wijen, dan minyak ikan. Bisa dipakai untuk salad, memanggang atau menumis menu sehat selama terapi.


Pemanis

Bagi penderita diabetes dan kanker, serta penyakit lainnya, pemanis yang aman adalah madu, gula kelapa, pemanis stevia dan gula merah. 

Contoh madu kualitas premium untuk pengobatan bisa Anda lihat DI SINI, sedangkan gula kelapa kualitas premium bisa di lihat DI SINI. 


Garam

Makanan tanpa garam rasanya hambar. Supaya Anda bisa menikmati makanan selama terapi pengobatan, jangan hilangkan garam dari menu, walaupun Anda menderita hipertensi.

Ayub sendiri dalam menu makannya suka memakai garam sebagai penambah rasa...

Ayub 6:6-7 (TB)  Dapatkah makanan tawar dimakan tanpa garam atau apakah putih telur ada rasanya? Aku tidak sudi menjamahnya, semuanya itu makanan yang memualkan bagiku. 

Bahkan Yesus Kristus sendiri menyebut bahwa "garam memang baik"...

Markus 9:50 (TB)  Garam memang baik, tetapi jika garam menjadi hambar, dengan apakah kamu mengasinkannya? Hendaklah kamu selalu mempunyai garam dalam dirimu dan selalu hidup berdamai yang seorang dengan yang lain."

Tapi jangan sembarang konsumsi garam ya karena garam yang aman adalah garam laut asli tanpa yodium, bukan garam meja beryodium. Anda bisa melihat penjelasannya DI SINI.

Beberapa contoh garam laut asli yang baik selama proses pengobatan adalah garam ikan, garam tradisional tanpa yodium, dan garam himalaya.

Garam laut asli bukan hanya aman, tapi juga menyehatkan alias punya efek pengobatan seperti dijelaskan DI SINI.


Air yang Sehat

Tanpa air, tidak akan ada kehidupan. Jangan lupa untuk banyak minum air sehat karena selama proses penyembuhan tubuh perlu air untuk detoks dan regenerasi sel. 

Tidak semua air sehat untuk dikonsumsi ya. Di Alkitab ada juga tertulis air yang bisa menyebabkan kematian dan keguguran bayi...

2 Raja-raja 2:21-22 (TB)  Kemudian pergilah ia ke mata air mereka dan melemparkan garam itu ke dalamnya serta berkata: "Beginilah firman TUHAN: Telah Kusehatkan air ini, maka tidak akan terjadi lagi olehnya kematian atau keguguran bayi." Demikianlah air itu menjadi sehat sampai hari ini sesuai dengan firman yang telah disampaikan Elisa. 

Untuk keperluan masak, hindari memakai air PDAM. Pakailah setidaknya air isi ulang RO.

Air yang cocok untuk diminum langsung selama pengobatan adalah air alkali dan beroksigen tinggi seperti misalnya kangen water, Cleo, Milagros, Nonmin, Pristine, SuperO2, Total 8+, New Hygio+ dan masih banyak lagi merek lainnya. Semuanya bisa dicari di minimarket atau supermarket terdekat.


Berapa Banyak Porsinya?

Tuhan mendesain tubuh manusia untuk makan secukupnya, yaitu tidak kebanyakan dan tidak kekurangan. 

Anda boleh kenyang, tapi tidak boleh kekenyangan dan tidak boleh kelaparan. 

Amsal 25:16 TB Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya.

Jadi yang bisa tahu berapa banyak porsi makannya adalah Anda sendiri. Tiap orang punya metabolisme dan kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Yang tahu adalah Anda sendiri, tapi jangan membohongi diri sendiri ya, karena gara-gara tidak bisa mengendalikan diri... eh Anda makan terlalu banyak.

Tapi ada banyak kasus dimana karena sakit, pasien kehilangan nafsu makannya. Nah, jika demikian kasusnya, pasien harus berusaha makan sebanyak mungkin yang ia mampu supaya tubuh punya kekuatan untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Yesus setelah membangkitkan anak Yairus yang telah mati, menyuruh keluarganya untuk memberikan sang anak makan...

Lukas 8:55 (TB)  Maka kembalilah roh anak itu dan seketika itu juga ia bangkit berdiri. Lalu Yesus menyuruh mereka memberi anak itu makan.

Jadi kalau mau sehat, jangan lupa makan dan makanlah secukupnya!


Apa Saja Pantangan Makannya?

Selama terapi pengobatan, hindarilah junk food, soft drink, es krim, daging merah seperti daging sapi, kambing, domba), daging babi, ikan laut, udang, kepiting, mie instan yang banyak zat aditif sintetisnya, bakso, kopi, minuman keras, susu sapi, bakery yang manis-manis, yang banyak zat pengawet dan aditif sintetis, serta yang pedas-pedas.

Hindari dulu buah-buahan matang yang terlalu banyak sukrosanya seperti misalnya pisang, mangga, leci, kelengkeng, semangka, anggur, dll. Tapi buah-buahan ini tidak masalah dikonsumsi jika Anda tidak menderita diabetes serta tidak sedang batuk/radang tenggorokan.

Untuk memasak, hindari minyak kedelai, minyak canola dan minyak trans. Hindari minyak goreng yang ada tulisannya disaring/dimurnikan "sekian" kali karena makin banyak proses pabrikasi, ia makin tidak sehat (walaupun makin terlihat jernih).


Jangan Lupa Browsing di Internet

Tiap masalah kesehatan punya anjuran tersendiri yang lebih spesifik untuk pantangan dan anjuran makannya. Anda bisa mendapatkan informasi ini dari internet. 

Sebagai contoh Anda bisa memanfaatkan fitur Pencarian di situs saya www.medisholistik.com, misal: ketik "pola makan diabetes" di fitur pencariannya, maka akan muncul beberapa artikel yang sesuai dengan kata pencarian Anda.

Jadi, selain memakai panduan di tulisan ini, Anda juga bisa mendapatkan informasi lebih spesifik di internet.


Koleksi Resep Menu Sehat ala Medis Holistik

Jika Anda bingung mau masak apa setiap harinya selama proses pengobatan, Anda bisa mendapatkan koleksi resepnya di MEDIK dengan cara klik DI SINI.

Ada resep bakso, es campur, donat, nasi goreng, mie goreng, sate ayam, cap cay, dan masih banyak lagi lainnya yang cocok sebagai menu sehat selama terapi pengobatan.

Ya, benar Anda tidak salah baca... ada bakso, sate, donat, dan lain-lain yang terkenal tidak sehat, tapi di MEDIK bisa dibuat jadi sehat, yang penting Anda tahu rahasianya.

Bahkan ada juga resep camilan manis yang bisa untuk melangsingkan, menyuburkan, mengatasi impotensi dan ejakulasi dini, sakit jantung, kanker, dan masalah kesehatan lainnya yang bisa Anda dapatkan DI SINI.

Danton Awan (www.dantonawan.com)

Lebih baru Lebih lama

Dapatkan koleksi resep menu sehat, ajaib, dan enak-enak seperti sate, bakso, nasi goreng, donat, es campur, cap cay, mie goreng, dll yang akan menunjang proses penyembuhan Anda DI SINI!